Minggu, 21 November 2010

The Secret of 80/20

Mr. Pareto dari italia bilang kalo rahasia kehidupan kita adlh
80/20... itu berarti ada 80% hal yg berpengaruh terhadap 20%
kehidupan kita seperti juga ada 20% hal yg berpengaruh terhadap 80%
kehidupan kita....

Katanya Mr. statistik bahwa 80% kekayaan didunia ini dipegang
oleh 20% populasi dan 20% kekayaan dipegang oleh 80% populasi...
berarti ada 20% orang yg benar2 kaya dan 80% orang yg hidup rata2...
Gw jg baca dari majalah Swa bahwa dibank BCA 20% nasabah mempunyai
simpanan 80% dari total simpanan bank dan hanya 20% simpanan berarti
yg dipegang oleh 80% nasabah....
ga heran makanya bankir lumayan kejam sama orang yg punya simpanan
dibawah 1 m. karena hanya berpengaruh terhadap 20% aset bank...
they just don't care with them...
selama 20% nasabah ini tidak lepas dari mereka...

So... apa pengaruhnya dgn hidup gw... atau lo... atau org lain
dari hal ini?

Ternyata itu tdk hanya terjadi didunia materi men... tetapi juga
berlaku didalam diri kita masing2.. bagaimana kita berpikir dan
merasakan hal2...

80% hal yang terjadi didalam kehidupan kita adl berada diluar
kekuasaan kita dan hanya 20% hal yang terjadi dlm hidup kita benar2
berada dalam kekuasaan kita... circle of power i mean...

Kita g bisa milih apakah hari ini hujan atau cerah, panas atau
adem, jalanan macet atau lancar, angkutan kosong ato penuh,
cewek/cowok kita lagi bad mood ato happy.... itu 80% hal yg terjadi
pada diri kita dan kt tdk punya kekuasaan...

Tapi kt bs mengendalikan yg 20% sisanya.. apakh kt mo ttp
bahagia walupun hari hujan badai... apakh kt ttp senyum walupun
macet ditengah hari bolong.. ato ttp senyum walupun cewek kt PMS :)
dan itu berpengaruh terhdp 80% hidup kt...

Gw juga belajar kalo perasaan manusia adlh pilihan, kita
memilih perasaan kt hari ini... dan dunia luar hanya memberikan
sedikit informasi bt pilihan kt...
apakah kita mo milih senang, sedih, bahagia, suka ato tdk suka...
itu semua pilihan kita...
maybe itz eazy to talk rather than to be done....
tapi kita benar2 berkuasa terhadap perasaan kita... dan g ada org
lain yg punya hak ato kekuasaan untuk memilihkan perasaan kita hari
ini ato esok...

Gw kenalan dgn seseorang beberapa hari yg lalu.. kesan pertama
gw g terlalu suka dgn dia.. manja... rusuh... lemot dsb yg cocok bt
nilai kepribadian dia... tp gw sadar kalo dia g punya tangung jawab
terhadap perasaan gw... apakah gw suka ato tdk suka terhdp dia...
gw yg milih perasaan bt diri gw sendiri ttg dia...
dan ternyata setelah itu gw baru tau kalo dia dr keluarga broken
home... ada masalah keluarga....
dan gw mulai kasihan, simpati...
gw memilih perasaan itu setelah mendapatkan informasi baru ttg
hidupnya....

Jd guys... apapun perasaan lo hari ini... make sure lo milih
perasaan yang tepat bt hari lo... lets not waste our time...

bye dude...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar